Senin, 28 Maret 2011

Tugas Komputer

Topologi Star



topologi star : merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll.

Pada topologi Star, masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Keunggulan dari topologi tipe Star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. Dan juga bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server, jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan. Kelemahan dari topologi Star adalah kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya.

KELEBIHAN TOPOLOGI STAR
-. kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran                 tersebut dan station yang terpaut
            -. tingkat keamanan termasuk tinggi
            -. penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah
            -. tidak menganggu bagian jaringan lain
            -. kontrol terpusat
            -. kemudahan deteksi dan koreksi kesalahan kerusakan
            -. kemudahan mengelola jaringan
    -. Topologi star tidak langsung terhubung satu sama lain tetapi melalui         perangkat pusat pengendali yang di sebut HUB.

    -. Kabel yang di butuhkan hanya sebanyak computer dalam jaringan dan I/O cukup hanya satu di setiap computer,kabel link dan port I/O lebih sedikit dan biaya lebih sedikit dari pada topologi mesh.

     -. Memiliki sifat robustness yaitu jika satu link rusak maka hanya pada computer yang berada pada link tsb.

KEKURANGAN TOPOLOGI STAR
-. jika node tengah megalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti
-.boros kabel
-. perlu penanganan khusus
-.kondisi HUB harus tetap dalam kondisi baik, kerusakan HUB berakibat lumpuhnya seluruh link   dalam jaringan sehingga computer tidak dapat saling berkomunikasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar